Contoh Banner

Pengalaman Transfer Domain ke Pusat Hosting

Pengalaman Transfer Domain ke Pusat Hosting
Pengalaman Transfer Domain ke Pusat Hosting

Pengalaman Transfer Domain ke Pusat Hosting - Seperti kita ketahui bersama bahwa domain merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah blog karena domain bisa dikatakan sebagai identitas blog itu sendiri, sehingga dalam menentukan nama domain untuk blog kita harus semudah dan sesimpel mungkin supaya mudah diingat oleh orang lain.

Terlepas dari hal tersebut, kita harus memastikan blog kita tidak ada masalah di halaman pencarian / search engine google, dan kita bisa pantau kesehatan blog melalui google search console. Tidak boleh ada error atau peringatan bahwa blog harus diperbaiki terutama blog AMP HTML.

Terkait dengan domain, error yang sering ada peringatan di search console adalah error DNS, saya cek ternyata sumber error tersebut dari provider itu sendiri (maaf tak bisa saya sebutkan). Jika hal ini hanya terjadi sekali saja, mungkin saya masih bisa memaklumi, tapi karena sudah keseringan jadinya saya berniat untuk pindah / transfer domain untuk blog yang domainnya beli disitu.

Karena saya termasuk orang yang tak begitu paham tentang hal ini, jadi saya konsultasikan kepada ahlinya provider mana yang terbaik tanpa error apapun, akhirnya hasil dari konsultasi tersebut ada 2 pilihan penyedia domain terbaik, yakni; pusathosting.com dan namecheap.com. Meski keduanya sama yang terbaik, namun saya tetap memilih pusathosting karena termasuk produk dalam negeri. hehehe....

Step by step saya lakukan untuk proses transfer sambil chatting dengan customer service (CS) nya apa yang tidak saya mengerti tentang apa yang harus saya lakukan untuk transfer domain. Setelah berhasil konfirmasi pembayaran, lalu saya disuruh menunggu 7 hari untuk proses transfer dari penyedia asal. Sambil berharap error DNS tidak terjadi lagi.

Lalu apakah proses transfer domain selama 7 hari tersebut blog tidak bisa diakses atau mengganggu traffik blog? Hal ini juga menjadi pertanyaan saya kemarin. Tapi jangan khawatir, karena ternyata tidak ada gangguan sama sekali dan blog masih bisa diakses alias traffik tetap normal.

Untuk harga domain nya gimana? mahal / murah? untuk domain *.com harganya memang sedikit lebih mahal dari penyedia asal, tapi bagi saya yang terpenting tidak ada kendala error lagi yang menyebabkan banyak pengunjung kabur selama 24 jam atau bisa lebih. Harga tak jadi masalah yang penting pelayanan oke kinerja server maknyus. Itu bagi saya, entah bagi anda...

Itulah sedikit berbagi cerita blogging saya tentang proses transfer domain, semoga bermanfaat...

Advertisement

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya