Contoh Banner

Mengatasi Setting Windows 10 Tak Bisa Dibuka Dengan Update Otomatis

Mengatasi Setting Windows 10 Tak Bisa Dibuka Dengan Update Otomatis
Mengatasi Setting Windows 10 Tak Bisa Dibuka Dengan Update Otomatis

Seperti kita ketahui bersama bahwa selain ada fitur control panel, windows 10 juga ada fitur setting / pengaturan yang bisa memudahkan kita untuk mengontrol atau merubah pengaturan bawaan (default) windows 10 sesuai keinginan dan kebutuhan kita sendiri seperti update and security, privacy, network and internet, time and language, devices, phone dan sebagainya.

Kadang kita punya kendala menu setting windows 10 tersebut tak bisa dibuka karena berbagai macam penyebab yang berbeda, dan tentu saja cara memperbaikinya juga berbeda. Dan hal ini sudah banyak yang mengulas di google. Namun yang ingin saya bahas disini adalah pengalaman saya yang tidak bisa membuka aplikasi setting win 10 yang disebabkan oleh kesalahan saya sendiri (bukan sistem).

Jadi beberapa hari yang lalu (cerita dulu), saya punya aplikasi berbasis excel yang harus dibuka menggunakan office 2010, dan ternyata meski laptop saya sudah terinstall office 2010, aplikasi tersebut tetap tak bisa digunakan alias error. Kemudian saya cari tutorial di google cara mengatasinya, dan mengarahkan saya untuk membuka "Registry Editor" dan membuka key:


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

Lalu saya membuat kesalahan, maklum nama masih belajar otak-atik sendiri. Saya menghapus isi dari folder "Explorer" tersebut seperti pada gambar berikut:


setiap masuk "Registry Editor" selalu ada peringatan:

Error Opening Key
Explorer cannot be opened
An error is preventing this key from being opened
Detail: Acces is denied

Dari error tersebutlah yang menyebabkan menu setting laptop saya tak bisa dibuka. Saya cari tutorial lagi lagi lagi dan lagi, walhasil gak ada yang sesuai dengan masalah yang saya alami.

Cara memperbaiki error Error Opening Key


Nah dari kegalauan itulah saya berinisiatif untuk meng update windows. Karena menu setting sudah tak bisa dibuka untuk mengubah ke update otomatis, jadi saya langsung masuk ke fitur Services melalui fitur Windows Search:


Lalu pilih / klik Services


Silahkan scroll kebawah lalu doble klik Windows Update, ubah Startup type menjadi Automatic lalu Oke. Seperti gamber dibawah ini:


Kemudian Restart dan koneksikan laptop ke internet supaya windows 10 bisa update otomatis. Dan yang namanya update otomatis, ya terserah windows nya mau update kapan, artinya bisa jadi windows tersebut update besoknya atau kapan, sampai tombol Shut Down berubah menjadi Shut Down and Update. Dan saya berhasil membuka menu setting, lalu saya cek "Registry Editor" dan alhamdulillah tidak error lagi seperti tampak pada gambar berikut:


Demikian cerita pengalaman saya tentang cara memperbaiki menu setting tidak bisa dibuka hanya dengan trik update windows otomatis, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...
Advertisement

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya