Contoh Banner

2 Langkah Mudah dan Simple Mengurutkan Abjad di Excel

2 Langkah Mudah dan Simple Mengurutkan Abjad di Excel
2 Langkah Mudah dan Simple Mengurutkan Abjad di Excel

Mengurutkan Abjad di Excel ini biasanya terkait dengan daftar nama orang seperti data siswa, guru penduduk, pekerja dan lain-lain. Biasanya hal ini dilakukan oleh operator atau bidang administrasi tata usaha jika di sekolah / madrasah seperti saya misalnya. Ketika data siswa tidak urut sesuai abjad, maka di input data online akan urut secara otomatis, hal ini menyebabkan nomor induk menjadi tidak teratur. Karenanya saat membuat data sebaiknya di urutkan terlebih dahulu sesuai abjad nama masing-masing.

Sebetulnya cara mengurutkan nama / data sesuai abjad ini sangatlah mudah dan simple karena hanya cukup dengan 2 langkah berikut ini:

  1. Ketik daftar nama yang akan di urutkan abjadnya, untuk tanggal lahir dll ketik setelah di sortir biarkan dulu, kemudian block daftar nama tersebut. Jika data anda sudah lengkap dengan tanggal lahir alamat dan sebagainya, block pada kolom nama sampai akhir jangan diblock dari kolom nomor urut (lihat gambar diatas).
  2. Klik Sort & Filter disebelah kanan menu Home, dan pilih Sort A to Z.

Mudah bukan?
Demikian sedikit tips dari saya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya