Contoh Banner

Cara Lain Membuat Keripik Singkong Khas Madura

Cara Lain Membuat Keripik Singkong Khas Madura
Cara Lain Membuat Keripik Singkong Khas Madura

Keripik singkong khas madura mungkin sudah banyak anda temui dipasar, toko online, dan sebagainya. Bahkan banyak pula yang membagikan tips cara membuat keripik singking khas madura ini di internet sehingga dapat dengan mudah anda mengaplikasikannya dirumah.

Tapi disini saya membagikan tips membuat keripik singkong yang sedikit berbeda (lihat gambar diatas). Kalau dilihat keripik singkong ini agak mirip dengan emping singkong, tapi rasanya tentu beda. Cara membuatnya pun lebih sederhana dari emping singkong karena tidak memerlukan campuran apapun seperti tepung dll, kita hanya butuh bumbu sesuai selera.

Mungkin keripik singkong yang sering kita lihat dan kita temui seperti ini:


atau seperti ini?


Namun yang kita bagikan disini olahan keripik singkong yang berbeda seperti pada gambar berikut:


Oke langsung saja kita bagikan tips nya berdasarkan informasi dari tetangga saya yang memang sering membuat keripik singkong yang satu ini:

  • Singkong yang masih mentah kita kupas
  • Cuci singkongnya sampai bersih biar sehat
  • Kemudian diparut menggunakan parutan khusus singkong (tentu anda sudah tahu)
  • Setelah singkong kita parut, selanjutnya diberi bumbu penyedap rasa. Dalam hal ini bisa apa saya sesuai selera, jika ingin manis atau pedas bisa ditambahkan gula atau cabe. Paling gampang bumbu yang sudah jadi yang sering kita jumpai di toko-toko kecil di desa.
  • Aduk sampai merata lalu di kukus hingga matang.
  • Setelah matang, diamkan sebentar supaya tidak terlalu panas, lalu di tumbuk supaya menyatu seperti adonan.
  • Setelah itu barulah kita tipiskan seperti membuat adonan kue, bisa menggunakan rolling pin atau lainnya seperti botol kecap manis.
  • Kemudian jemur dibawah teduh tapi jangan sampai kering supaya bisa di iris dengan bentuk sesuai selera.
  • Setelah di iris lalu keringkan dibawah sinar matahari, lalu goreng seperti biasa.

Tetangga saya bisa membuat adonan singkong ini dimalam hari, lalu didiamkan semalaman. Saat pagi di iris lalu dijemur. Saran saya sebaiknya buat 1 singkong saja dulu sebagai latihan.

Mudah kan? semoga bermafaat...
Advertisement

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya