Ditulis oleh: Ifrod Maksum Ditulis pada: 8/22/2017
Ketika kita selesai menginstall Microsoft Office semua pengaturan berada pada posisi default yang terkadang membuat kita kurang nyaman menggunakan. Seperti ukuran kertas F4 yang tidak ada sehingga harus custom size paper setiap kali membuat document word maupun excel, terlebih lagi jika menggunakan satuan inci karena kita lebih terbiasa dengan satuan centimeter.
Karena itulah maka kita set sendiri secara manual sesuai selera dan kebutuhan kita. Seperti mematikan / nonaktifkan fungsi recent document, mengatur / merubah satuan inci menjadi centimeter, memasukkan ukuran kertas baru, mengatur save as default terutama Microsoft Office 2010, menentukan lokasi penyimpanan default dan sebagainya.
Disini saya bahas satu persatu 3 hal yang harus dilakukan setelah install Microsoft Office. Silakan simak yang berikut ini:
1. Insert new paper size
- Start > Devices and Printers > Microsoft XPS Document Writer
- Lalu akan muncul tulisan Print Server Properties dibagian atas (lihat gambar diatas), kemudian klik. Maka muncul kotak dialog.
- Pada tab forms, beri nama pada form name
- Pada Form description centang Metric pada units kemudian sesuaikan ukuran width dan height di bawahnya menggunakan centimeter lalu OK
- Ukuran kertas baru sudah bisa muncul
2. Mengatur save as dan file location secara default
Options > Save files in this format, silahkan pilih yang mana anda suka, jika anda menggunakan mirosoft office 2007 biarkan saja pada posisi default. Namun jika anda menggunakan MS 2010 sebaiknya ikuti tips pada artikel Cara mudah setting office 2010
Di bawahnya ada Default file location. Biasanya secara default penyimpanannya di drive C / local disk C. Sebenarnya jika dibiarkan pun tidak masalah secara default file yang kita buat akan disimpan di Drive C, namun sebaiknya jangan menyimpan file penting di drive C karena jika perangkat kita terkena virus atau windows error, maka file tersebut akan ikut terinfeksi alias hangus.
3. Mengatur menu advanced
Pada menu Advanced, disitu ada grup Show document content. beri centang pada Show text boundaries, ini sebagai garis pembatas pada margin paper. Di bawahnya Show text boundaries ada :
- Field shading > atur ke When selected
- Numeral > atur ke Context
- Month names > atur ke Arabic
Hal ini jika anda mengetik tulisan arab yang terdapat angka supaya muncul tulisan arab
Scroll kebawah lagi pada grup Display ada:
- Show this number of Recent Document; ini untuk menyimpan riwayat file yang pernah dibuka / dibuat, dan hal ini kata para ahli bisa menghambat kinerja laptop ketika membuka Microsoft Office. Jadi sebaiknya matikan dengan merubah ke posisi nol.
- Show measurement in units of; ini adalah satuan ukuran kertas maupun margin-nya, silahkan ganti ke satuan centimeters yang merupakan satuan yang sering kita gunakan.
Itulah tips dari saya tentang setting setelah install MS Office sesuai selera, mulai dari insert ukuran kertas baru, mengatur save as dan location file default, mengatur menu advanced, dan lainnya. Semoga bisa membantu...