Contoh Banner

Ciri-Ciri Sakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Ciri-Ciri Sakit Ginjal dan Cara Mencegahnya
Ciri-Ciri Sakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Ginjal adalah organ tubuh berbentuk seperti biji kacang merah, terletak di dekat tulang belakang yang berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan kelebihan garam, asam, dan air. Gagal ginjal pada umumnya terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun. Sehingga apabila tanda-tanda tersebut dapat diketahui secara dini, penderita bisa segera melakukan penanganan secepat mungkin.

Penyakit ginjal sering menyerang tanpa adanya keluhan sama sekali dari penderitanya. Penyebab gagal ginjal yang utama adalah diabetes, sedangkan penyebab gagal ginjal yang kedua adalah penyakit genetik seperti kelainan kekebalan, cacat lahir dan sebab-sebab lainnya.

Selain hal tersebut diatas, haruslah kita mengetahui gejala-gejala penting yang berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi menjadi penyakit gagal ginjal, dengan bersandar pada peribahasa "mencegah lebih baik daripada mengobati". Simak yang berikut ini:

1. Penimbunan sampah dalam darah.
Hal ini ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit-sakitan, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual-mual, tidak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi sangat berkurang.

2. Masalah keseimbangan cairan.
Penimbunan cairan dengan tanda-tanda pergelangan kaki dan wajah membengkak. Sebaliknya, pengerinngan cairan bisa ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lender dalam mulut.

3. Gangguan hormon.
Dengan berkurangnya daya kerja ginjal bisa menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak hormone atau ekstra hormone. Akibatnya, akan menambah hormone tekanan darah. Sebaliknya hormone-hormon yang lain menjadi berkurang produksinya. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah dan juga tulang rapuh.

Seseorang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu rasau. Kehidupan normal masih tetap dapat dijalani dengan baik. Bahkan dianjurkan untuk tetap berolahraga dengan teratur dan makan dengan makanan yang wajar. Untuk menghindari rusaknya ginjal, Anda bisa mencegahnya melalui cara-cara berikut ini:

  1. Olahraga. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga yang teratur tidak terlalu berat akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olahraga berat namun tidak teratur. Misalnya Anda bisa melakukan jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu.
  2. Berhenti merokok. Dilihat dari sudut pandang manapun merokok akan selalu merugikan tubuh Anda, baik paru-paru, kulit, jantung manapun ginjal.
  3. Kurangi makanan berlemak. Makanan berlemak akan menyebabkan kandungan kolestrol dalam darah Anda meningkat.
  4. Kontrol berat badan. Perhatikan berat badan sehingga Anda dapat terhindar dari obesitas.
  5. Konsumsi Air putih. Megonsumsi air putih yang cukup, menghindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghindari konsumsi obat-obatan secara sembarangan (tanpa resep dokter) marupakan hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi potensi munculnya penyakit ginjal.
  6. General Chekup. Gagal ginjal juga dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan (medical chekup) secara rutin, termasuk pemeriksaan urin dan darah. Memeriksakan gangguan ginjal seperti kencing batu, prostat dapat mencegah munculnya gagal ginjal.

Nah, jika anda sudah terlanjur menderita sakit ginjal, mungkin artikel saya yang satu ini bisa membantu.
Advertisement

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya